Adsentra

Jumat, 19 Juni 2009

Deteksi Penyakit Lewat Mata

Mata merah tak sembuh-sembuh? Bisa jadi ada gangguan kesehatan yang belum terdeteksi.

VIVAnews - Mata adalah jendela hati, tapi ternyata bagi dokter mata adalah ‘jendela’ untuk melihat kesehatan Anda. Kondisi mata Anda dapat memberikan petunjuk penyakit yang tersembunyi atau ancaman gangguan kesehatan lainnya. 


Ahli mata, Oliver Backhouse, dari Rumah Sakit Mata Yorkshire, Inggris: “Lain kali Anda bercermin, coba perhatikan lebih cermat. Jika ada yang mencurigakan, seperti warna retina, bentuk pupil dan area mata, ada baiknya memeriksakan ke dokter.

Berikut tanda-tanda yang bisa Anda cermati:
- Mata merah: 
a. Bisa menjadi tanda Anda terlampau banyak mengonsumsi alkohol, bisa memperlebar pembuluh darah di mata, sehingga membuatnya berwarna merah. Mata merah berarti terdapat peradangan pada mata.
b. Penyebab lainnya bisa karena alergi, terlalu lama menatap layar komputer, dan mata terpapar air kaporit di kolam renang. 

Infeksi ringan dan iritasi seperti radang mata dan blepharitis dapat menyebabkan peradangan dan iritasi mata. Penting untuk mengindentifikasi penyebab akurat, karena pengobatannya juga berbeda. Iritasi mata ringan ini bisa diobati dengan obat tetes yang dijual bebas. Untuk alergi, solusi simpel adalah dengan air mata buatan yang dijual di apotek. 

- Ada benjolan kecil berwarna kuning di kelopak mata 
Keadaan yang biasa disebut xanthelasma ini bisa menjadi gejala tingkat kolesterol di tubuh Anda cukup tinggi. Gangguan ini bisa diatasi dengan obat penurun kolesterol atau mengubah pola makan Anda menjadi lebih sehat.

- Bagian tengah pupil berwarna putih 
Kondisi ini bisa menjadi tanda-tanda awal atau Anda berisiko tinggi mengalami katarak. Sebaiknya jangan terlampau sering terkena paparan matahari, dan stop merokok. Katarak pada akhirnya bisa menyebabkan kebutaan jika tidak ditangani. Jadi, segera konsultasikan ke dokter mata.

- Terdapat bintik putih di tengah kornea
Jika bintik putih pada mata ini menetap lama, sebaiknya segera berkonsultasi ke dokter. Kondisi ini bisa menunjukkan tumor otak, atau retinoblastoma (kanker mata yang lebih sering menyerang anak-anak).

- Lingkaran putih di seputar iris
Kondisi ini bisa menandakan gejala serangan jantung. Meski lingkaran ini bisa muncul seiring usia Anda bertambah. Tapi, jika kondisi mata Anda seperti ini ketika usianya masih di bawah 60 tahun, sebaiknya segera periksakan ke dokter.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar